Sabtu, 13 Oktober 2012

PENGERTIAN OPPORTUNITY COST



PENGERTIAN OPPORTUNITY COST
Opportunity Cost merupakan suatu alternatif bernilai tertinggi yang dikorbankan oleh pembuat keputusan ketika membuat suatu pilihan lain, atau suatu kesempatan yang hilang akibat memilih sebuah pilihan alternative.
Contohnya : http://waladaltsani.edublogs.org/files/2012/01/gbbr-1atzc59.png
Ketika seorang mahasiswa ingin mendapatkan nilai matakuliah ekonomi yang lebih tinggi, maka ia harus bisa menerima nilai matematika yang lebih rendah. Biaya Penuh (Full Cost) yang ada dalam setiap pilihan bukanlah biaya sesuatu barang berlabel harga saja.
Jadi, selain biaya langsung yang keluar dari kantong (secara monetary), ada biaya lain yang bisa mempengaruhi keputusan yakni Opportunity Cost. Contoh berikut merupakan contoh pilihan yang biasa dialami oleh mahasiswa di dalam kelas. Mereka telah membuat pilihan untuk kuliah. Pertanyaannya, apakah Biaya Penuh dari keputusan yang mereka buat?
Biaya Kuliah = Biaya langsung kuliah + Biaya tak langsung kuliah (Opportunity Cost)
Menurut Anda, apakah Opportunity Cost merupakan suatu hal yang penting untuk difikirkan oleh mahasiswa dalam membuat keputusan untuk kuliah? Anda perlu memikirkan dua pertanyaan berikut:
  • Apakah biaya langsung kuliah? yakni biaya yang keluar dari kantong si mahasiswa antara lain membayar biaya bimbingan belajar, biaya pendaftaran, uang kuliah, buku, alat-alat tulis dan lain-lain?
  • Apakah biaya tidak langsung kuliah? Yakni, adakah kegiatan lain yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dengan waktu dan energinya untuk kuliah?
Mesti Anda ingat bahwa Opportunity Cost bukan saja terkait besaran rupiah yang keluar dari kantong Anda, tetapi yang dilihat disini adalah nilainya. Apabila Anda tidak kuliah, mungkin Anda dapat bekerja di satu instansi. Artinya Anda akan mengorbankan gaji yang bisa diperoleh jika bekerja, atau mungkin kehilangan waktu luang untuk bermain bersama keluarga, mengurus anak, liburan atau waktu bersantai.
Apabila nilai Opportunity Cost kuliah itu terlalu tinggi, Sebagai pembuat keputusan sebaiknya Anda memutuskan untuk tidak kuliah. Satu contoh lagi, misalkan saja Anda seorang atlit kampus. Ada tim profesional yang mendatangi Anda dan menawarkan agar bergabung dalam tim mereka, maka ada kemungkinan Anda akan mengorbankan gaji bernilai jutaan rupiah yang bisa diperoleh jika Anda tetap memilih untuk kuliah, atau bisa juga kehilangan kesempatan menjadi seorang atlit profesional.
Kita kembali pada pertanyaan awal. Apa sebenarnya Opportunity Cost kuliah? Jawabnya adalah ‘Tergantung’. Anda hanya perlu mengingat definisi opportunity cost, yakni suatu alternatif bernilai paling tinggi yang dikorbankan oleh pembuat keputusan ketika membuat suatu pilihan.

Daftar Pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar